Rabu, 16 September 2015

Cara Menghitung Persen di Excel




Tutorial menghitung persen di MS. Excel

Menghitung persen di excel sangatlah mudah salah satu caranya sebagai berikut :




Misal kita akan menghitung persen penduduk hasil sensus di sebuah desa seperti table di bawah :

Pertanyaan : dari total jumlah penduduk berapa persen jumlah petani dst ?

Jawab : rumusnya 

Jumlah petani / Total penduduk x 100%

Maka di sel persen petani (D5) ditulis rumus 

=C5/C12*100 lalu enter dan hasilnya 8,75











Nah, agar bisa dicopy ke sel di bawahnya silahkan tambah tanda “$” di rumus pada Total Penduduk, sehingga rumus berubah menjadi  :

=C5/$C$12*100  lalu enter, 

tanda “$” berfungsi agar ketika dicopy sel C12 (Total penduduk) tidak ikut berubah menjadi C13 dst sebagaimana sel C5 yang berubah menjadi C6 dst. 

Jika Anda tidak menambahkan tanda "$" pada rumus C12 maka hasilnya error akan muncul pesan "#DIV/0!" karena pada saat dicopy ke bawah rumus C12 berubah menjadi C13 dst yang tidak punya nilai sehingga Excel akan menghitung pembagian dengan angka "0" (Division by Zero).

Bagaimana jika ingin menambahkan tanda % pada sel nilai hasil persennya ?

Langkah pertama Anda harus mengganti rumus pada sel persen dengan menghilangkan *100 (kali 100) sehingga rumus sbb :

=C5/$C$12 lalu enter,


Selanjutnya klik kanan di kolom D5 lalu pilih menu Format Cell



Pada tab Format Cell pilih menu Percentage, pilih Decimal Place sesuai kebutuhan lalu klik OK dan hasilnya sbb :



Silahkan dipraktekkan ya jangan hanya dibaca!



Tidak ada komentar:

Posting Komentar